ABOUT ME

BALIKPAPAN merupakan salah satu Kota Besar di Indonesia, pintu gerbang Kalimantan Timur. Peraih pernghargaan kota terbersih se-ASEAN bahkan, bahkan dinobatkan WWF sebagai kota paling dicintai di dunia mengalahkan Paris, Prancis.
Kendati tergolong metropolitan, warga Balikpapan tetap mencintai lingkungan dan gemar berolahraga. Salah satunya olahraga lari sore lintas alam yang biasa disebut on-on atau hash.
Di Balikpapan ada 11 klub on-on yang rutin setiap pekannya menggelar on-on di lokasi berbeda-beda. Event sekala besar kerap digelar, baik oleh masing-masing klub maupun gabungan klub. Jumlah hasher juga semakin bertambah.
Setelah sukses menggelar Borneo Hash regional Pulau Kalimantan yang dihadiri hasher negeri tetangga. Hasher Balikpapan sepakat turut ambil bagian dalam Pan Indo Hash tahun 2017 mendatang.
Balikpapan punya fasilitas lengkap. Dari sisi transportasi, ada Bandara Sultan Aji Muhammad Sulaiman yang merupakan bandara terbaik se-Indonesia. Tempat menginapnya juga tidak kalah, mulai dari bintang lima seperti Hotel Novotel, Grand Senyiur, Menara Bahtera, Grand Jatra, Ibis, Swissbell hingga penginapan kelas melati.
Transportasi daratnya juga banyak pilihan, mulai dari taksi argomoter hingga angkutan kota yang nyaman ditumpangi. Begitu pula tempat wisata, selain punya kilang pengolahan minyak milik Pertamina, Balikpapan juga memiliki sejumlah hutan lindung dan Kebun Raya Balikpapan yang sangat asri. Balikpapan yang berdampingan dengan laut tentu punya objek wisata pantai, ada pula pusat penangkaran buaya, wisata batu dinding yang menjulang tinggi, pusat belanja tradisional Pasar Inpres dan wisata lainnya.
Heterogennya penduduk Balikpapan juga berdampak pada kulinernya. Balikpapan dikenal sebagai daerah yang punya kuliner lengkap, mulai dari masakan khas tradisional, chaines food, vegetarian hingga eropa food. Lokasi kuliner juga menyebar, sehingga mudah dipilih dan dikunjungi.
Keinginan menggelar Pan Indo Hash 2017 juga didukung penuh Pemerintah Kota dan Provinsi Kaltim. Wali Kota dan Wakil Wali Kota menyatakan kesiapannya. Bahkan dari sisi keamanan, Pangdam VI Mulwarman maupun Kapolda Kaltim juga menegaskan kesiapannya mendukung Pand Indo Hash dilaksanakan di Kota Beriman.
Untuk itu, para hasher di seluruh Indonesia maupun mancanegara diharapkan berpartisipasi datang ke Baikpapan untuk mengikuti Pan Indo Hash 2017. Salam On On dari kami, 11 club hash yang bergabung dalam satu komite, yaitu Balikpapan Hash!